27 Juni 2011

Ikan Cupang | si mungil yang gesit

Betta sp. alias Cupang, itulah nama ikan hias ini. postur tubuhnya yang kecil dan mungil membuat saya tertarik untuk memeliharanya. hari itu saya jalan-jalan ke sebuah supermarket dan melihat aquarium mini dibawah ini, lalu terlintas pertanyaan di benak saya mengenai ikan apa yang cocok di aquarium sekecil ini. hingga beberapa waktu berselang, saya masih belum mendapat jawabannya, namun entah kenapa saya sangat ingin memiliki aquarium ini. Singkat kata, saya pun membelinya, yah.. hitung-hitung harganya gak terlalu mahal.


Di perjalanan pulang, saya melewati tempat di mana terdapat penjual aneka ikan hias... hii... azik... tanpa pikir panjang, saya mampir iseng gitu deh... nanya itu, nanya ini... ujung-ujungnya cuma beli ikan kecil ini.... heheheheh... !!! faktor lain membuat saya tertarik pada ikan ini yaitu warnanya yang variatif, berwarna warni dan sirip-siripnya nan elok di pandang.... 


Hasil searching~ di google, saya dapatkan informasi bahwa ikan cupang ini habitat aslinya adalah di dalam air tawar, jadi nggak perlu lagi repot-repot memberikan gelembung-gelembung gitu deh yang biasa di sebut aerator (alat sirkulasi udara). selain itu ikan cupang ini sangat agresif sehingga tak boleh menyimpannya dua ekor atau lebih dalam satu tempat. sehingga ikan ini pun bisa menjadi ikan aduan, kayak ayam dunk,, di adu, kasian juga ya.... weitsss, satu lagi, yang membedakan jantan dan betina dari ikan ini adalah siripnya. jika jantang maka memiliki sirip yang panjang dan warna yang beraneka ragam, tetapi jika betina, siripnya tak terlalu panjang, hanya seperti ikan biasa dan ukuran badannya agak besar dari pada jantan. 

Sekian dulu yaa...  selamat beraktivitas....

3 komentar:

  1. untuk memelihara ikan cupang belom kepikiran...dari kebiasaannya sudah bisa dikira waduh kasihan ikan lainnya,,,hhehehe..

    BalasHapus
  2. saya pernah pelihara ikan cupang waktu es de, di taro di kolam kecil depan rumah, ada banyak.. ketahanan tubuhnya juga luar biasa. kolam itu sering kehabisan air, kekeringan. kalo lupa, dan diisi air lagi, mereka semua ternyata masih hidup ;D

    BalasHapus
  3. @NN : Yoi bro, agresif banget,,,
    @AM : Betul,,, daya tahannya termasuk tinggi.

    Thanks dah berkunjung...

    BalasHapus

Jika berkenan, mohon kiranya memberikan komentar pada Postingan ini, agar konten blog ini bisa ditingkatkan lagi. Sekian dan Terimakasih...!!!

Prev Next home